Citizen Journalism: Saving Private Marlo


Awalnya keluarga Benyamin, warga Blok E Puri Indah, kehilangan Golden Retriever-nya yang bernama Marlo. Berita kehilangan tersebut diumumkan oleh keluarga Benyamin dalam sebuah iklan di Star Puri Edisi XI/Juni 2007. Iklan tersebut kemudian diikuti dengan pemuatan berita kehilangan dalam sebuah artikel yang mengungkapkan betapa besar arti Marlo bagi keluarga itu. “Biasanya saya atau putri bungsu saya mengajak Marlo berjalan-jalan keliling komplek. Berjalan tanpa tali pengekang, Marlo melangkahkan kakinya dengan lincah. Seolah menyapa, Marlo sering menghampiri dan mengendus orang atau anjing lain yang ditemuinya. Dia anjing yang ramah sekali dengan siapapun,” kata Benyamin dalam artikel yang diterbitkan dalam Star Puri Edisi XII/Juni 2007.

Jumat (08/06) – hari terbitnya Star Puri, seluruh kru Star Jakarta sedang sedikit santai di sore hari sambil berbicara tentang berita-berita seputar kawasan Kelapa Gading, Pondok Indah dan Bintaro, Serpong, dan Puri. Dan kami dikejutkan oleh sebuah pesan singkat dari keluarga Benyamin yang menyatakan bahwa Marlo, yang ketika itu sudah hilang sekitar tiga minggu, sudah ditemukan. Rupanya, seorang pembaca Star Puri yang tinggal di Perumahan Meruya Ilir, telah melihat seekor anjing dengan ciri-ciri Marlo di daerah rukan Meruya Plasa. Kabar tersebut langsung disampaikan kepada keluarga Benyamin. Dan ketika keluarga Benyamin mengikuti informasi yang diberikan warga yang tidak bersedia menyebutkan namanya tersebut akhirnya keluarga ini menemukan Marlo di dalam perawatan Ah Yung, seorang pecinta anjing yang tinggal di sekitar rukan Meruya Plasa. Dan Marlo pun kembali ke pelukan keluarga Benyamin. Ah Yung sendiri menolak untuk menerima imbalan yang ditawarkan atas jasanya menemukan dan merawat Marlo.

Peristiwa kecil itu membuat saya ingin sekali tahu: Berapa banyak peristiwa kecil yang bisa dilakukan dengan praktek citizen journalism? Berapa mampu konsep ini bekerja mengubah wajah sebuah kawasan?

Reblog this post [with Zemanta]
Advertisements



    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: