Di Antara Debu Bintang (Cinta Yang Tak Mau Mati – Sekuel 5)


28 AGUSTUS 2006. Aku menerima sms darimu. “Are you there? Bisa kita bicara nanti?”, katamu. Sayangnya, tidak. Aku berada ribuan kilometer darimu. Dan kamu telah memperpanjang jarak itu sehingga tidak tertempuh (seberapa cepatpun aku berlari ke arahmu) dengan keputusanmu membunuh apa yang kita punya.

Tapi aku ingat. Mungkin kamu tidak mengira aku ingat. Yah, aku ingat, setiap detilnya. Aku ingat hari itu setahun yang lalu kamu mengenakan baju batik berwarna biru muda, melambangkan cinta kita yang telah ditakdirkan di antara debu bintang. Aku ingat ketika kita begitu kikuk saat aku mengenakan seuntai kalung sederhana di lehermu di hadapan keluarga kita. Itulah hari pertunangan kita. Aku ingat semua itu, matahari.
Entah
kenapa, setahun kemudian, kamu memilih hari itu untuk meminta maaf atas tiga hal yang kamu bilang meninggalkan luka batin yang tidak kecil di dalam diriku. Tahukah kamu bahwa itu tidak berarti sama sekali? Tahukah kamu bahwa ketiga hal yang kamu sebut itu memang melukaiku teramat parah, tetapi itu tidak berarti apa-apa karena toh aku memilih menjalani kesakitan itu bersama keputusanku untuk mencatat kisah kita di kubah langit? Kenapa kamu menganggap ketiga hal itu sebegitu penting dan meminta maaf setelah satu tahun lewat? Tahukah kamu bahwa ketiga hal itu tidak berarti apa-apa bagiku? Tidak tahukah kamu bahwa bagiku kesakitan yang tak tertahan, sampai kapan pun, adalah kamu tidak lagi menjadi hal pertama yang aku lihat ketika membuka mata di pagi hari?

Dan aku tepekur di kegelapan, menatap debu bintang bersama suara jangkrik, mencoba menangkap raut wajahmu dengan menarik garis dari satu titik bintang ke titik bintang. ***

    Leave a Reply

