===================
Note: Ini juga sebuah eksperimen jurnalisme multimedia yang saya coba lakukan minggu lalu. Belum sempurna benar karena belum memasukkan elemen suara dan teks untuk bisa dibilang karya multimedia yang lengkap. Video yang ditampilkan merupakan potongan-potongan momen yang saya rekam dengan fitur video recorder pada kamera saku Canon IXUS 65. Video ini dibuat dengan menggunakan program iMovie pada Macbook. Saya sendiri baru pertama kali ini mengenal dan menggunakan program tersebut. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 60 menit untuk membuat video seperti di bawah ini.

===================

Malini Ramani adalah seorang desainer pemberontak yang tidak kenal menyerah. Karya-karya desainnya mencerminkan pendirian dan keyakinan yang kuat – mengikuti kata hati, menerabas kelaziman dan disisipi keceriaan perayaan kehidupan. Tidak heran bila notasi fashion yang dirancangnya selalu bersifat original, meletup-letup penuh semangat dengan rampai warna dan gemerlap.

Dilahirkan di New York dan menetap di Sanawar, India pada usia 11, kehidupan Malini berpusar pada jalan eklektis yang penuh dengan hiperbola konstan. Sifatnya yang tidak pernah mau tunduk pada satu otoritas terlalu lama membuat Malini pernah melarikan diri dari sekolah. Tujuannya adalah New York – untuk belajar Fashion Merchandising di FIT dan kembali ke India pada tahun 1990. Itu adalah sebuah era ketika India tengah mengalami kebangkitan kembali kaum mudanya dan Malini terjun ke dalamnya untuk memulai perjalanan kreativitasnya sebagai seniman di segala bidang yang mungkin dijelajahinya. Dan setiap pengalaman yang telah dilaluinya meninggalkan tanda pada evolusi gaya dan rancangan Malini.

Desain fashion Malini umumnya mempertemukan dua unsur paradoks – dunia timur dan barat, bintang musik rock dan puteri India – ke dalam originalitas yang disebutnya INDIVA. Tercermin dalam antologi desainnya yang dapat Anda lihat di website pribadi Malini – Rock Star Meets Indian Princess.

Selama enam tahun, terus-menerus, Malini secara khusus menerjemahkan keyakinan dirinya ke dalam karya fashion yang penuh warna-warna ringan yang melantunkan serenade matahari, laut dan pasir, necklines yang berani dan provokatif, dan aksentuasi perhiasan yang bergaya. Eksplorasi ini telah mengubah beberapa bintang Bollywood menjadi dewi cinta milenium dari India. Klien-klien Malini melenggang di jalan-jalan kota New Delhi dan Mumbai sampai Monte Carlo, Beirut dan Moskow.

Label fashion ‘Malini Ramani’ saat ini ada di empat toko yang menggunakan namanya di New Delhi, Goa, dan juga di beberapa toko terkemuka di seluruh India, seperti Ensemble di Mumbai, Ogaan di New Delhi, Sagar dan Kimaya di Mumbai, Sosas di Goa dan Evolutione di Chennai dan Bangalore. Di dunia internasional, labelnya juga bisa didapatkan di Lulu Tan Tan di Cape Town, Kimaya Dubai, Sanskrit Hong Kong, Venus Monte Carlo, Indomix New York, Indiva-Toronto, Khazana Moskow, sampai ke Miami, Seville dan Srilanka.

Dalam Jakarta Fashion Week 09/10, Malini merupakan satu dari dua wakil desainer dari India yang akan bekerjasama dengan dua desainer terkemuka dari Indonesia dalam inisiatif pertukaran kreatifitas mode Indonesia-India. Dalam kunjungan ke Indonesia beberapa waktu lalu (1-2 Juni/09), Malini telah mengunjungi beberapa outlet batik terkemuka di Jakarta, antara lain Cita Tenun Indonesia, Allure, dan Alun-alun Grand Indonesia, untuk mengumpulkan materi yang akan menjadi bahan kreasinya.

Materi-materi yang dipilih oleh Malini umumnya adalah batik dan beberapa tenunan yang memiliki warna-warna meriah. Malini sendiri mengatakan bahwa ia ingin agar desain yang dikerjakannya nanti akan menjadi kreasi fashion yang penuh warna, tetap mempertahankan eksotismenya, namun mengalami revitalisasi, terkesan lebih muda dan energik.

Reblog this post [with Zemanta]
Advertisements



    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: